Monday, February 09, 2009

SAP Analisis Kritis terhadap Media Massa di Indonesia

Program Sarjana Reguler
Departemen Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Indonesia


RANCANGAN PERKULIAHAN

Mata Kuliah : Analisis Kritis terhadap Media Massa di Indonesia
Semester : Genap 2008/2009
Hari / Jam : Kamis/ 10.30-13.00
Pengajar : Inaya Rakhmani

DESKRIPSI MATA KULIAH:

Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan diperkenalkan dengan berbagai tradisi, teori dan perdebatan dalam kajian kritis media massa (Marxisme, cultural studies, ekonomi politik, audience reception theory, dan konsep-konsep terbaru lainnya yang berkembang dari teori kritis) serta kaitannya dengan fenomena media massa di Indonesia (dengan fokus kepada televisi, film, internet dan musik). Mata kuliah ini akan mendalami ‘sebab dan akibat’ dari media massa yang terkait dengan kepentingan pemilik modal, pembentukan budaya popular dan dampak global/lokal media massa di Indonesia. Sebagai tambahan, mata kuliah ini juga akan menyentuh isu munculnya media ‘alternatif’ sebagai respons kritis terhadap dominasi media mainstream.

TUJUAN MATAKULIAH:

Memperdalam penguasaan mahasiswa dalam memahami:
(1) Rangkaian teori dan konsep dalam spektrum perdebatan teori kritis media massa,
(2) Logika berpikir pendekatan kritis dalam ‘membaca’ gejala/fenomena media massa di Indonesia.

KEHADIRAN DAN KOMPONEN EVALUASI DAN PEMBOBOTAN:
Komponen evaluasi (sementara) adalah sbb.:

1. Review film 15%
2. Presentasi kelompok 15%
3. Ujian Tengah Semester 30%
4. Ujian Akhir Semester 30%

Satuan Acara Perkuliahan


I 5/2 Overview -
II 12/2 Teori kritis dan Ilmu Komunikasi: Sebuah Pengantar
O'Shaughnessy, Michael & Jane Stadler (2005). "Media Studies", in Media and Society: An Introduction. New York: Oxford University Press.
III 19/2 Budaya & Media (Massa): Cara Mengkaji Media
O'Shaughnessy, Michael & Jane Stadler (2005). "What Do the Media Do to Us? Media and Society", in Media and Society: An Introduction. New York: Oxford University Press.
IV 26/2 Ekonomi Politik Media
Herman, Edward S. & Noam Chomsky (2002). "A Propaganda Model", in Manufacturing Consent.USA: Pantheon Books.
V 5/3 Media & (Post) Modernisasi
O'Shaughnessy, Michael & Jane Stadler (2005). "Postmodernism", in Media and Society: An Introduction. New York: Oxford University Press.
VI 12/3 Memahami Ideologi & Hegemoni
O'Shaughnessy, Michael & Jane Stadler (2005). "Making Sense: Discourse, Ideology, and Hegemony in Media and Society: An Introduction. New York: Oxford University Press.
VII 19/3 Teori Kritis dan Media Massa di Indonesia: Transisi Politik & Dampaknya
Hill, David & Krishna Sen (2000). "Introduction: Mediating Politics and Culture", in Media, Culture and Politics in Indonesia. New York: Oxford University Press.
26/3 Hari Raya Nyepi
2/4 Pekan UTS -
VIII 9/4 Memandang Televisi dengan Kritis
Kitley, Philip (2000). "Television and Its Historical Audience", in Television, Nation and Culture in Indonesia. USA: Ohio University Center for International Studies.
IX 16/4 Film dan Politik di Indonesia
Hill, David & Krishna Sen (2000). National Cinema: Global Images, Contested Meanings", in Media, Culture and Politics in Indonesia. New York: Oxford University Press.
X 23/4 Film: GIE (Indonesia: Riri Riza, 2005) -
XI 30/4 New Media: Sebuah Alternatif?
Slevin, James (2000). "Publicness and the Internet", in Internet and Society. USA: Blackwell Publisherss Inc.
XII 7/5 Musik di Indonesia: Antara Industri dan Indie.
Dewanto, Andi. "Trend Indie Wangi". Koran Tempo. 22.07.2006
XIII 14/5 Kenaikan Yesus Kristus
XIV 21/5 Analisis Kritis Media Massa di Indonesia: Rangkaian Isu
Wardhana, Veven Sp (2001). Televisi dan Prasangka Budaya Massa.Jakarta: Institut Studi Arus Informasi.
4/6 Pekan UAS -

BAHAN RUJUKAN :

Dewanto, Andi. "Trend Indie Wangi". Koran Tempo. 22.07.2006

Herman, Edward S. & Noam Chomsky (2002). Manufacturing Consent.USA: Pantheon Books.

Hill, David & Krishna Sen (2000). Media, Culture and Politics in Indonesia. New York: Oxford University Press.

Kitley, Philip (2000). Television, Nation and Culture in Indonesia. USA: Ohio University Center for International Studies.

O'Shaughnessy, Michael & Jane Stadler (2005). Media and Society: An Introduction. New York: Oxford University Press.

Slevin, James (2000). Internet and Society. USA: Blackwell Publisherss Inc.

Wardhana, Veven Sp (2001). Televisi dan Prasangka Budaya Massa.Jakarta: Institut Studi Arus Informasi.

6 comments:

I fait accompli you! said...

Can I sign up? (pengen liat Inaya ngajarrrrrrrr huehuehuehue)

Inaya Rakhmani said...

Silahkaaaan...

Kayanya I have more fun than the students hehehe (autis)

Marsya said...

nggak ko,mbak..seru bgd klasnya..knapa jg kamis musti libur 2 kali..mending senin aj,yg kuliahnya 3..haha

Inaya Rakhmani said...

Hehehe thanks yaaa... (kuliah 3x berturut2 sehari gak keriting ya)

Btw, can I read your blog, URL please :)

belo said...

mampir mba,
btw,uda baca chuck klosterman yang sex drugs and cocoa puffs? analisa bdy popnya lucu bgt

*ninin

Inaya Rakhmani said...

Hi Niiiin,

Belooom. Masuk wishlist deh ya... Thanks, take care, salam buat Edo.